Etape 5 Perjalanan Menuju Way Jepara, Riders Nikmati Serunya Wisata Gajah

28 / 07 / 2017 Kategori: , ,

Ayoolahraga.co.id – Singgah di Way Kambas, Lampung Timur rombongan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 nikmati Wisata Gajah yang tak kalah menegangkan. Maklum meski sudah terbiasa menaiki sepeda melintasi ribuan kilometer, baru kali ini penggowes merasakan serunya Wisata Gajah mengelilingi area Hutan Konservasi Gajah Way Kambas.

Para penggowes pun menikmati pemandangan savana dengan puluhan gajah dan aktifitas memandikan gajah, menyaksikan gajah berenang dan mengasuh bayinya yang baru berusia sebulan. Semuanya pengalaman luar biasa bagi para Atlit GTPN, menyaksikan tingkah laku gajah di habitat aslinya ucap, Woro Wigati, selaku Manager Atlit GTPN 2017.

“Ini pengalaman luar biasa bagi saya, mengelus si Noni, gajah umur sebulan. Tidak perlu ke Taman Nasional Serenggity di Afrika, untuk menyaksikan gajah di habitat aslinya. Indonesia memiliki pesona wisata yang tak ternilai dan beragam”, kata Woro bangga.

Sebelum menempuh perjalanan menuju Way Jepara, Tim GTPN 2017 pelepasan rombongan dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Tulangbawang, Heri Wardoyo yang didampingi Sekertariat Daerah (Setda) Sobri dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab. Tulangbawang.

Memasuki wilayah Lampung Timur, Tim Gowes sampai di Way Bungur untuk rehat dan makan siang. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke kompleks Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan disambut Wabup. Lampung Timur H. Zainul Bokhari secara simbolis mengalungkan selendang khas Lampung Timur bersulam emas kepada semua peserta gowes. Acara penyambutan Tim GTPN 2017 didampingi Asda I Bidang Pemerintahan, Tarmidzi, Asda II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Junaedi serta Asda III Bidang Administrasi, Wan Ruslan, dan Kadispora Lampung Timur, Merah Juansyah.

Wabup. H. Zainul Bokhari, mengaku bangga atas kedatangan Tim GTPN 2017 di Lampung Timur dan bisa menikmati destinasi wisata yang ada di wilayah Lampung Timur. Selanjutnya Tim memasuki wilayah Taman Nasional Way Kambas dengan menyusuri perkebunan sawit kearah Kab. Lampung Timur. Setelah puas menikmati eksotis alam Taman Nasional Way Kambas, Tim GTPN 2017 melaju menuju Way Jepara setelah menempuh jarak 130 km

Di Kecamatan Way Jepara, Tim Gowes bermalam dan dijamu makan malam oleh Asda I Pemerintah Kab. Lampung Timur, Tarmidzi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Pujirianto, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Dr. David dan Kadispora, Merah Juansyah

Mewakili Pemkab. Lampung Timur, Asda I mengaku jauh – jauh hari telah menyiapkan kedatangan Tim GTPN 2017 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ke Way Jepara, sekaligus mempersiapkan Event Fun Bike Gowes Pesona Nusantara yang akan di gelar di Way Kambas pada tanggal 30 Juli 2017. Sekaligus akan digelar berbagai atraksi seni budaya selain Atraksi Gajah yang rutin digelar di Kawasan Wisata Taman Nasional Way Kambas. Sudah 1500 orang Peserta Umum yang mendaftar, belum termasuk dari Dinas dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya. Dengan perkiraan peserta lebih dari 2000 pegowes, menjadikan Event Gowes Pesona Nusantara ini sebagai gelaran Kampanye Sepeda terbesar yang pernah diadakan di Lampung Timur.

Asda 1 juga menyampaikan histori tentang tanah dan air yang akan dibawa Tim GTPN ke Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. “Penyerahan simbolis tanah dan air ini diambil dari tanah purbakala Situs Menhir, Punden Berundak dari Punggungraharjo yang ada di sini,” jelasnya.

Hal ini menunjukkan bahwa peninggalan literasi kuno ini merupakan warisan seni budaya bernilai tinggi yang masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat dan Pemkab. Lampung Timur yang merupakan aset budaya bangsa dan destinasi wisata sejarah yang berharga.

Tim GTPN ini terdiri dari 16 atlit yang terdiri dari 8 atlit pria dan 8 wanita yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya atlit senior wanita Fanny Gunawan, kelahiran 9 Desember 1958 dengan segudang prestasi.

– Juara 1 Open Road Race Piala Jakarta Utara 1976
– Juara 1 Triathlon Tahun 1987-1995
– Juara umum 2 Tour de Java tahun 1983
– Juara Asia Champoinship Tahun 1983
– Juara TTT 100 Km Sea Games Bangkok 1984
– Juara 1 Selorejo Off- Road(MTB) 1993
– Juara 1 Karang kates(MTB) 1993
– Juara 1 Up Hill Sentul Tahun 2010
– Juara 2 Up Hill Sentul Tahun 2011
-Juara 3 UBL Tahun 2013.

Sedangkan profil pesepeda termuda di event GTPN 2017 adalah Gita Widya Yunika asal Sidoarjo, Jawa Tengah. Gadis berusia 17 tahun ini tak kalah berprestasinya dengan para seniornya di olahraga bersepeda, prestasi itu antaralain:

– Juara 2 Women Open Samarinda XC Race 2016
-Juara 1 ITT, Juara 1 IRR, Juara 3 Criterium Klasemen 1, LCC Series 20 Boyolali, 2016
-Juara 2 ITT, Juara 4 IRR Klasemen 2, LCC series 21 Cilacap 2016
-Juara 1, Juara 2 Kadet Olimpic. Juara2 Women Elite Ultra Milk Usia Dini
-Juara 4 Alpen Bandung
– Jelajah Wanita Malaysia dan lain – lain.

Duta -duta olahraga ini yang tergabung dalam Tim GTPN 2017 merupakan atlit pesepeda pilihan yang teruji telah menempuh ribuan kilometer. Perjalanan mereka sudah dimulainya sejak Etape 1 ditempuh sejauh 1.168 km dari Sabang KM 0 sampai Balige Tobasa. Lalu Etape 2 melanjutkan perjalanan dari Balige menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km. Disambung sampai di Etape 3 dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km. Dan telah merampungkan Etape 4 yang dimulai dari Kota Bengkulu sampai Kota Palembang dengan jarak tempuh 604 km, dan saat ini sedang menempuh Etape 5 Palembang-Rangkasbitung sejauh 632 Km.

Dan, Kamis (27/7/2017) sudah mengakhiri perjalanan hari ke 3 Etape 5 dengan rute Menggala- Way Jepara sejauh 402 Km.Saat ini Tim tengah menjalani hari ke 4 rute Way Jepara menuju Merak, Cilegon sejauh 140 Km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring dibawa dan disatukan di Kota Magelang Jaqa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Ayo Olahraga!