Agar Bersepeda Tak Cedera

23 / 02 / 2017 Kategori:

Gowes Pesona Nusantara – Saat bersepeda dalam jarak yang jauh terkadang cedera atau sakit sering menerjang. Nyeri yang menyerang tentu akan mengakibatkan rasa sakit yang berkepanjangan jika tidak segera diobati atau pemulihan. Untuk terhindar dari cedera pada bagian punggung dan pinggang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bersepeda.

1. Periksa panjang kaki
Sebelum bersepeda, ada baiknya periksakan panjang kaki Anda. Panjang kaki yang tak sesuai dengan ukuran sepeda akan membuat kaki yang pendek menarik pinggul lebih ke bawah saat melakukan pedaling. Mintalah bantuan rekan Anda untuk memeriksa tingkat pedal.

2. Ukur Panjang Stem
Agar olahraga bermanfaat, tentu harus memberikan kenyamanan saat bersepeda dalam jarak jauh. Biasanya kesalahan yang sering ditemukan yakni penggunaan stem atau batang penghubung hand lebar dengan fork depan yang terlalu pendek. Stem yang terlalu pendek membuat pengendara terpaksa duduk membungkuk berlebihan. Hal ini menyebabkan tulang ligamen dan otot tulang belakang akan bekerja berlebih. Lebih parah lagi, bisa membuat tekanan yang berlebih pada saraf pinggang. Pemeriksaan ketinggian stem perlu diperhatikan. Stem yang pendek mengakibatkan sakit pada pinggang, tetapi jika stem terlalu panjang juga membuat punggung menjadi sakit. Rasa sakit juga bisa dialami pada bagian sekitar leher dan bahu karena posisi badan yang terlalu merebah. Posisi stem yang terlalu rendah mengakibatkan stres pada bagian bawah punggung.

3. Atur Sadle Seat
Perubahan sudut pada sadle yang tidak tepat bisa membuat cedera punggung bagian bawah. Sebuah studi menunjukan bagaimana posisi sudut sadle memengaruhi kinerja punggung bagian bawah. Dengan begitu, segera periksa sudut kursi sadle sepeda. Atur posisi sadle sejajar dengan rata-rata tanah. Dengan menyesuaikan sudut sadle dan meletakkan kembali dalam posisi netral, terbukti sebanyak 70 persen dari para pengendara sepeda bebas dari penyakit punggung.

4. Variasi posisi saat bersepeda
Variasi posisi bisa menolong berkurangnya cedera bagian belakang punggung dan pinggang saat bersepeda. Saat Anda latihan atau hanya sekedar pemulihan biasakan untuk membuat variasi posisi duduk saat bersepeda. Anda bisa melakukan berdiri di atas sadle untuk beberapa saat . Hal ini bisa membantu mengurangi tekanan pada punggung. Ketika medan menanjak, tetap variasikan posisi Anda di atas sepeda. Untuk mengurangi stres pada bagian punggung bawah, geserlah posisi duduk Anda mulai dari depan, tengah dan belakang sadle.

5. Latihan otot punggung dan pinggang
Ada beberapa penelitian yang menunjukan backpain bukan hanya disebabkan oleh tiga otot utama. Banyak orang saat pemanasan lebih melatih otot perut dan otot punggung bawah. Padahal untuk menghindari cedera, masing-masing otot memerlukan latihan yang sesuai dan memadai. Untuk punggung bagian bawah, panggul dan pinggul terdapat 29 wilayah otot yang berbeda-beda.

6. Backpain
Rasa tidak nyaman dan juga rasa nyeri pada punggung bagian bawah saat bersepeda disebabkan sejumlah besar otot-otot di daerah ini sering diabaikan dalam latihan rutin. Latihan yang fokus pada daerah–daerah tertentu seperti perut agar terlihat six pack menyebabkan ketidakseimbangan otot. Hal ini yang menimbulkan rasa nyeri dan cedera. Dengan begitu, Anda diharuskan untuk menekankan pentingnya program latihan yang komprehensif yang mencakup seluruh bagian panggul dan juga pinggul.

7. Perawatan atau treatment
Anda dapat melakukan treatment atau perawatan untuk mengurangi rasa sakit pada bagian belakang punggung dan pinggang. Hal ini bisa Anda lakukan jika rasa sakit tidak kunjung hilang. Selain itu, penggunaan obat penghilang rasa sakit juga bisa digunakan sesuai anjuran dokter. Perawatan lain bisa dilakukan dengan mengompres bagian yang sakit dengan es atau air panas kurang lebih 48 jam. Terapi pemijatan juga bisa membantu kurangi rasa sakit. Anda hanya perlu memijat lembut bagian yang sakit untuk mengurangi stres pada otot. Dianjurkan untuk mengurangi aktivitas yang ekstrim yang dapat memperburuk cedera.

Apabila rasa sakit tidak kunjung hilang, lebih baik periksa ke dokter atau ahli fisioterapi. Dengan begitu Anda dapat mengetahui secara detail penyebab cedera yang dialami. Nah, semoga rasa nyeri atau cedera bisa diatasi dan Anda bisa lebih semangat lagi bersepeda.

Ayo Olahraga!

(Foto: Shutterstock)