Menpora Ajak Pecinta Gowes Sukseskan Asian Games dan Asian Paragames 2018

06 / 08 / 2017 Kategori:

GPN – Gowes Pesona Nusantara bagian dari program unggulan Ayo Olahraga Kemenpora kini memasuki etape ke-6 rute Rangkasbitung-Tangerang Selatan-Lebak Bulus sejauh 240 km. Start dari depan Alun-Alun Rangkasbitung, etape ini secara resmi di lepas Menpora Imam Nahrawi didampingi istrinya Shobibah Rohmah, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta bersama Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya, Sabtu (5/8) pagi.

Ribuan pegowes dari masyarakat dan klub sepeda ikut meramaikan rute pertama gowes pesona nusantara Lebak-Tangerang Selatan sejauh 140 km, selain gowes juga digelar senam kesehatan. Menpora sampaikan dirinya memilih Kabupaten Lebak untuk bergowes dengan beberapa alasan salah satunya karena Lebak memiliki potensi atlet, potensi pariwisata, potensi budaya serta potensi sumber daya manusia yang luar biasa tanpa mendiskriminasikan kabupaten/kota lain.

Ia sampaikan selain car free day setiap kabupaten/kota harus memiliki setidaknya satu bulan sekali bersepeda yang dilaksanakan dan dicontohkan pimpinan nasional dan pimpinan daerah. “Presiden Joko Widodo pada setiap acaranya selalu memberikan hadiah sebuah sepeda hal itu sebagai pertanda bahwa Presiden ingin mengajak kita untuk bersepeda dan membudayakan olahraga dengan bersepeda,” ujarnya.

“Secara nasional kami akan menyiapkan regulasi sebulan sekali bersepeda bersama sama, Lebak memiliki visi, orientasi, dan niat besar dijadikan sebagai barometer nasional pengembangan olahraga prestasi dan olahraga rekreasi,” tambahnya.

Menpora yang sejak pagi telah datang bersama Pora Cycling Club juga menyampaikan Gowes Pesona Nusantara juga dalam rangka persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Paragames 2018 di Jakarta-Palembang. “Mohon doa restu, untuk mensukseskan Asian Games dan Asian Paragames tahun depan dengan segala keterbatasan yang ada serta jadikan ini sebagai momentum kepercayaan dunia kepada Indonesia dalam menyelenggarakan even olahraga bertaraf dunia,” ucap Menpora dengan mengenakan Shal Kepala Lomar Baduy.

Bupati Lebak Iti O. Jayabaya merasa bangga meski Kabupaten Lebak adalah salah satu kabupaten tertinggal di Provinsi Banten yang secara geografis jarak dengan ibukota relatif dekat tetapi Menpora memberikan perhatian khusus. “Semoga kehadiran Bapak Menpora bersama rombongan menjadi motivasi kami untuk mensosialisasikan memasyarakatkan olahraga dan kampanye Ayo Olahraga yang sesuai motto kami Lebak Cerdas, Lebak Sehat dan Lebak Sejahtera,” ucap orang nomor satu Kabupaten Lebak yang memiliki 28 kecamatan, 340 desa dan 5 kelurahan ini.

Gowes Pesona Nusantara selain untuk kampanyekan untuk hidup sehat lanjutnya, juga sebagai motivasi anak anak dan generasi muda Lebak untuk hidup sehat. “Ini kebanggaan dan penghormatan bagi kami Kota Rangkasbitung dijadikan tempat untuk menggelar even bertaraf nasional, semoga masyarakat kami termotivasi untuk sehat dengan berolahraga,” tutupnya.

Ikut mendampingi pada acara itu Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Dr. Bayu Rahardian, Kepala Biro Humas Hukum Amar Ahmad, Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Imam Gunawan, Asisten Deputi Standarisasi dan Infrastruktur Pemuda Zainal Amini. (kemenpora.go.id)