Menpora Bareng Wakil Gubernur Jakarta Terpilih Sandiaga Uno Lepas Gowes Pesona Nusantara Etape Pondok Indah

07 / 08 / 2017 Kategori:

GPN – Usai menempuh etape Rangkasbitung-Pondok Indah sejauh 240 km, kini para peserta Tim Gowes Turing Pesona Nusantara (GTPN) sampai di etape Jakarta Pondok Indah. Tim GTPN bersama ribuan pesepeda Gowes Pesona Nusantara (GPN) Ayo Olahraga secara resmi di lepas Menpora Imam Nahrawi di depan Gedung Pondok Pinang, Center, Pondok Indah, Jakarta, Minggu (6/8) pagi.

Usai mengikuti gowes etape Rangkasbitung sejauh 40 km, Menpora didampingi istri Shobibah Rohmah, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno bersama anggota komunitas sepeda Bike Club Pinang Indah (BCPI) serta ribuan pegowes kembali bergowes ria rute Pondok Indah, Jakarta.

“Hari ini telah masuk kurang lebih rangkaian ke-65 kabupaten/kota sehingga masih kurang 35-an kabupaten/kota yang akan dilaksanakan hingga tanggal 9 September mendatang puncaknya di Kota Magelang, Jawa Tengah,” ujarnya.

Menpora sampaikan kegiatan gowes ini nantinya akan kembali dilanjutkan pada 26 Agustus mendatang etape Jakarta-Purwakarta. “Setelah ini kita istirahat dulu, saya akan ikut lagi etape Jakarta-Purwakarta dilanjutkan Purwakarta-Bandung hingga ke Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah,” kata Menpora.

Menurutnya pengumpulan tanah dan air dari seriap titik yang dilewati GPN akan dijadikan satu menjadi monumen/tugu tanah air. “Pembangunan tugu tanah air di Gunung Tidar adalah simbol bahwa NKRI harga mati, NKRI selamanya harus kita pertahankan bersama dengan bersepeda adalah salah satu semangat merawat kebangsaan dan nasionalisme kita,” tambahnya.

Menpora berikan apresiasi kepada panitia GPN rute Pondok Indah, mereka berinovasi dan bekerjasama dengan puluhan sponsor pendukung menggelar lebih dari 50 bazar dan dimeriahkan dengan senam zumba. “Meskipun tidak ada sentuhan langsung APBN maksimal tapi ternyata partisipasi masyarakat memungkinkan kita untuk melakukan kegiatan ini,” bangga Menpora.

Ia berharap nantinya di pusat dan daerah akan ada hari khusus bersepeda. “Ke depan harus ada hari bersepeda di hari dan jam kerja selain car free day, kami pemerintah akan segera membuatkan regulasi terkait hal itu misalnya dari rumah ke kantor, dari rumah ke pasar dan kemana saja kita jadikan sepeda sebagai alat transportasi,” urainya. (kemenpora.go.id)