Optimis Cetak Rekor Muri, Tim Touring Gowes 5000 Km Dihadang Jawara Betawi di Tangsel

07 / 08 / 2017 Kategori:

GPN – Sebelum disambut oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachma Diany, rombongan Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 dihadang jawara sebelum memasuki Kota Tangsel, Minggu (6/8/2017).

Ternyata itu bagian dari tradisi masyarakat Tangerang dalam melestarikan tradisi budaya betawi yang juga bagian tradisi masyarakat Tangsel dalam menyambut tokoh dan pemuka masyarakat singgah di Kota Tangerang Selatan.

Sambutan masyarakat Tangsel pecinta gowes pun tumpah ruah di latar perpakiran pusat perbelanjaan di Bumi Serpong Damai (BSD) yang juga bersamaan dengan acara Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang diadakan Pemkot Tangsel.

Walikota Tangsel, Airin Rachma Diany dalam sambutannya sebelum melepas Rombongan dan Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 di Bumi Serpong Damai menuju Pondok Indah, Jakarta sejauh 100 Km, mengatakan rasa bangganya pada para atlit pesepeda Tim GTPN yang sudah menempuh ribuan kilometer yang dimulai dari Km 0 Sabang sampai di Tangsel.

“Ribuan kilometer sudah ditempuh oleh Tim GTPN singgah di beberapa daerah itu merupakan bagian dari kampanye ayo olahraga dengan semangat juang yang juga bagian dari mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, ” kata Walikota cantik Airin dengan bangga seraya menyebutkan bahwa Etape 6 ini sebagai Etape Anggrek. Untuk itu Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora bersama rombongan dan atlit mendapatkan kalungan dan rangkaian bunga anggrek.

Penyerahan tanah dan air sebagai simbolis kecintaan pada tanah air diserahkan Walikota ke Deputi Menpora, Raden Isnanta yang akan digabungkan dengan tanah dan air yang berasal dari tanah kramat daerah masing – masing yang akan disatukan dan akan menjadi bagian dari pembangunan sebuah monumen di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Selanjutnya dengan diiringi komunitas sepeda masyarakat Kota Tangsel, Tim GTPN 2017 melanjutkan perjalanannya menuju finish Etape 6 di Pondok Pinang Center, Pondok Indah, Jakarta.

Sesampainya di Pondok Indah, atlit dan rombongan disambut Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi dan menyebutkan apresiasinya kepada atlit sepeda yang telah menggowes ribuan kilometer dengan membawa misi mengkampanyekan olahraga dan mempromosikan destinasi wisata di tiap daerah yang mereka singgahi.

“Semangat juang mereka patut ditiru oleh generasi muda kita tanpa lelah menempuh ribuan kilometer dari Kota Sabang, ” ujarnya disela – sela penyambutan Tim GTPN 2017.

Setelah itu Tim Gowes melakukan City Tour keliling Kota Jakarta menembus kemacetan lalulintas Kota Jakarta dengan tetap semangat mengayuh sepeda dengan membawa misi bersepeda agar berbadan sehat, bugar dan bertransportasi yang ramah lingkungan dan membawa kegembiraan.

Tim GTPN 2017 masih melanjutkan touringnya dua etape lagi yakni Etape 7 Jakarta – Bandung sejauh 748 Km pada tanggal 25 Agustus 2017 dan Etape 8 Yogyakarta – Solo – Semarang – Magelang sejauh 304 Km.

Untuk itu, harapan Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan dengan adanya kegiatan Gowes Pesona Nusantara yang diselenggarakan Pemda di seluruh Indonesia dan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 ini, menjadi motivasi dan menggerakkan masyarakat Indonesia untuk lebih memasyarakatkan dan membudayakan olahraga sebagai bagian dari hidup sehat, bugar dan produktif.

“Kami pun optimis penyelenggaraan GTPN 2017 ini yang akan menempuh 5000 Km sampai finish di Magelang, Jateng bisa sukses mencetak rekor MURI untuk Group Touring Gowes terpanjang,” ujarnya mantap.

Di hari kedua Etape 6 Rangkasbitung – Tangerang Selatan – Pondok Indah – Jakarta, maka selesai sudah Tim GTPN merampungkan Etape 6 ini sejauh 240 Km dengan total perjalanan dari Etape 1 mencapai 4.011 Km.

Kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara ini merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dan dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Tim GTPN 2017 yang sudah menjelajah ribuan kilometer sejak 13 Mei 2017 dimulai dari Sabang KM 0 terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1.157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige Tobasa.
Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari Balige menuju Kota Padang dengan jarak tempuh 727 km.

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km
dan Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Kota Palembang dengan jarak tempuh 604 km.
Dan saat ini Tim GTPN 2017 sudah merampungkan titik akhir Etape 5 dari Kota Palembang menuju Rangkas Bitung
dengan jarak tempuh sekitar 632 km. Dan saat ini Tim Gowes telah merampungkan Etape 6 rute Rangkasbitung – Tangerang Selatan – Jakarta dengan jarak Total 240 Km. Sehingga secara keseluruhan Tim sudah menempuh jarak sekitar 4.011 km dari Sabang KM 0 sampai di Tangerang Selatan.

Atlit yang tergabung Tim GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda, eks atlit, dan dari komunitas sepeda.

Tim GTPN 2017 ini dipimpin oleh Budi Yakin dan Dwie Bahari dari Bekasi dengan Woro Wiganti dari Tangerang Selatan sebagai Manager Atlet yang didukung Team Support yang solid, dan dengan Athlet antara lain:

1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang
2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang
3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar
4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta
5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar
6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim
7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng
8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi
9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim
10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim
11. Agus Widodo, Kediri, Jatim
12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar
13. Yeppi Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan
14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar

Ayo Olahraga!