Ribuan Masyarakat Gorontalo Padati Perhelatan Gowes Pesona Nusantara

31 / 07 / 2017 Kategori:

GPN – Kurang lebih 3000 masyarakat Provinsi Gorontalo mengikuti perhelatan Gowes Pesona Nusantara 2017 yang merupakan bagian dari program Kementrian Pemuda dan Olahraga di 90 kota/kabupaten di Indonesia, sedangkan di Gorontalo sendiri dipusatkan di persimpangan patung Sarondhe, Kota Gorontalo, Minggu (30/7/2017).

Gowes Pesona Nusantata di Gorontalo merupakan etape Nani Wartabone yang ditempuh sejauh 12 km. Anak-anak usia sekolah dasar sampai lanjut usia terlihat ikut serta mengayuh sepedanya yang merupakan bagian dari kampanye “Ayo Olahraga” yang dicanangkan pemerintah.

Masyarakat mulai berhimpun di lokasi pusat acara sejak pagi dengan membawa sepedanya masing-masing. Setelah melaju selama 12 km, satu per satu peserta mulai datang menyelesaikan gowes-nya sekitar pukul 07.15.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Gorontalo, Irwan Hamzah, acara yang dicanangkan pemerintah pusat itu dilakukan karena ingin menggelorakan dan memotivasi masyarakat Gorontalo. “Tujuan acara ini memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat khususnya dengan bersepeda,” kata Irwan di sela-sela acara.

Sementara, Asisten Deputi Kementrian Pemuda dan Olahraga, Alman Hudri mengatakan program Gowes Pesona Nusantara diselenggarakan supaya terbangun kebiasaan hidup berolahraga. Ia pun mengharapkan supaya acara semacam ini yang digelar di beberapa kota bisa berdampak pada pembangunan olahraga di berbagai kota/kab di Indonesia.

“Melalui acara ini terlihat kalau masyarakat sudah sangat mengerti makna olahraga. Bila terwujud kondisi fisik masyarakat yang prima, pembangunan masyarakat akan berjalan semakin baik. Selain itu, persatuan dan kesatuan Kota Gorontalo dengan kota-kota lainnya akan semakin erat melalui Gowes Pesona Nusantara ini,” imbuhnya.