Stamina Terjaga Saat Gowes Sepeda

10 / 03 / 2017 Kategori:
Gowes Pesona Nusantara– Bersepeda merupakan olahraga yang mampu menghasilkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Pengayuh sepeda sering menghadapi masalah berkaitan dengan stamina, apalagi saat menghadapi kondisi rute, kecepatan dan tingkat kesulitan perjalanan.
 
Ada 5 cara agar stamina tetap terjaga saat bersepeda, di antaranya:
  1. Sebelum memulai latihan, sebaiknya Anda memiliki kemampuan dasar olahraga sepeda. Latihan dasar ini sedikitnya dilakukan enam bulan dengan bersepeda santai. Dalam sepekan, latihan dilakukan tiga hingga empat kali. Tujuan latihan dasar adalah agar tubuh Anda memiliki waktu untuk beradaptasi. Jika tidak dilakukan, Anda akan mengalami risiko cedera pada sendi, otot dan juga tendon. Anda tak perlu menambah porsi latihan dasar menjadi tiap hari. Cukup istirahat dua hari dalam seminggu agar otot memiliki waktu untuk pemulihan dari stres saat berlatih.
  2. Menambah variasi latihan ke dalam jadwal. Ada latihan yang hanya fokus pada kecepatan dan ada juga lebih pada stamina. Kalau ingin melatih stamina bersepeda, variasikan dengan latihan yang fokus pada kecepatan. Seminggu sekali, Anda dianjurkan untuk latihan kecepatan secara intens. Letak fokusnya berada pada sprint pendek yang diulang di setiap tengah perjalanan. Caranya dengan menginjak pedal secepat mungkin dari menit pertama hingga ketiga. Istirahat sejenak, kemudian mulai lagi. Anda juga harus memastikan otot dan badan pada posisi yang benar.
  3. Langkah selanjutnya adalah melakukan latihan tempo satu hari dalam seminggu. Di sini, Anda dituntut menambah kecepatan dibanding latihan sebelum-sebelumnya. Latihan ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan dalam interval tertentu.
  4. Latihan berikutnya adalah memulai rute perjalanan panjang dalam setiap minggu. Untuk membangun stamina, jarak yang harus ditempuh harus lebih jauh sekitar 10 persen dari yang sudah dilakukan di pekan sebelumnya. Latihan ini memiliki tujuan membangun ketahanan dan kondisi otot Anda saat bersepeda dalam jangka waktu yang lama. 
  5. Selama latihan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi. Bukan hanya latihan yang tepat, tips lain agar stamina tetap terjaga selama bersepeda adalah cukupnya karbohidrat dan juga menerima cukup kalori. Meskipun saat bersepeda Anda tidak merasakan panas, tetapi asupan makanan cair dan air minum akan sangat membantu untuk mendapatkan stamina yang baik.
 
Bagi Anda yang gemar bersepada antar kota  antar propinsi, selalu pastikan mengonsumsi cukup kalori untuk mempertahankan energi dalam tubuh Anda. Asupan yang baik salah satunya madu. Jika Anda memiliki uang lebih, dianjurkan untuk membeli powergel atau powerbar
 
Ayo Olahraga!
 
(Foto: Shutterstock)