TENTANG GOWES PESONA NUSANTARA

Pemerintah melalui Nawacita Presiden Joko Widodo ingin meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga. Mengacu pada kesuksesan penyelenggaraan sejumlah tour balap sepeda di Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), melalui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, bersinergi dengan kementerian/lembaga negara, dinas-dinas provinsi dan kabupaten/kota yang terkait, membuat gelaran Gowes Pesona Nusantara yang akan dihelatkan 14 Mei 2017 mendatang.

Sepeda dipilih masuk dalam rangkaian gerakan ‘Ayo Olahraga’ karena sudah tidak asing dan masih digunakan banyak masyarakat di Indonesia sebagai alat transportasi sekaligus sarana berolahraga. Selain itu, dengan bersepeda, dapat mempersatukan masyarakat ditambah olahraga ini memenuhi kriteria, yakni murah, meriah, masal, manfaat, dan menarik.

Tidak seperti tour balap sepeda yang sudah ada, Gowes Pesona Nusantara ini memiliki track yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya di mulai serentak dari empat titik terluas Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua, kemudian berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017. Peserta dari 90 kabupaten/kota akan mengikuti gelaran besar ini dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya daerah-daerah di Indonesia.

Amanat undang-undang No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional menegaskan bahwa pembangunan nasional di bidang keolahragaan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi kualitas manusia, menanam nilai moral dan akhlak mulia sportivitas, disiplin, mempererat, dan membina persatuan persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa. Tujuan tersebut bisa dilakukan secara perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi, profesi, badan usaha, atau organisasi kemasyarakatan lain sesuai dengan prinsip keterbukaan dan kemitraan.

Sehingga, sebagai bentuk peran dan tanggungjawab pemerintah dalam mengembangkan keolahragaan nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ingin menjadikan olahraga sebagai budaya gaya hidup masyarakat. Upaya bersama untuk mengolahragakan masyarakat melalui ajakan “Ayo Olahraga” bertujuan agar kesehatan rakyat Indonesia lebih optimal dan produktif.

Dengan diposisikannya olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup akan membuka ruang seluas-luasnya untuk bibit olahragawan potensial. Bibit yang berprestasi ini selanjutnya dibina dan dikembangkan dengan dukungan sport science, menjadi atlet elit yang berprestasi tingkat internasional dan mengibarkan bendera merah putih di hadapan publik mancanegara.

...