3 Gerakan yang Wajib Dikuasai Pemain Bola

16 / 03 / 2017 Kategori:

Liga Sepakbola– Bagi sebagian orang, bermain bola mungkin hanya sekadar berlari, merebut bola dan menendang ke gawang. Namun, saat bermain terdapat tekad dan keinginan kuat untuk berlari menembus pertahanan lawan, merebut bola, menggiring ke gawang hingga tendangan yang akurat memang menjadi kunci dalam sebuah permainan. Berikut adalah 3 gerakan yang harus dikuasai oleh seorang pemain bola.

1. Menendang
Tendangan adalah gerakan dasar dari permainan sepak bola. Dengan menendang, seorang pemain bisa memberi umpan, membuang bola, hingga mencoba memberikan keunggulan kepada timnya. Menendang dibagi menjadi dua cara, yaitu menendang dengan kaki bagian luar atau dengan punggung kaki. Diperlukan latihan yang keras untuk menguasai teknik tendangan yang sempurna. Salah satu cara berlatih yang tepat untuk mengontrol jenis tendangan adalah dengan melakukan teknik juggling, yaitu menendang-nendang bola ke atas tanpa boleh jatuh ke bawah dengan menggunakan kedua kaki. Cara ini sangat efektif dalam mengasah insting serta mengetahui tendangan apa yang harus dilakukan ketika bola mendarat di kaki.

2. Mengumpan Bola
Selain menendang bola dengan akurat, pemain juga harus memiliki kemampuan mengumpan atau passing yang baik. Gerakan mengumpan ini ada dua macam, yakni passing bawah yang terdiri dari umpan (wall pass) dan umpan terobosan (through pass). Biasanya dilakukan berpasangan dengan jarak sekitar 5 – 10 meter. Lalu ada juga passing atas yang terdiri dari umpan silang (crossing pass) dan umpan diagonal. Teknik pengumpanan ini dilakukan berpasangan dengan jarak 30 – 40 meter dengan tendangan melambung.

3. Menggiring Bola
Dribbling tidak hanya soal menggiring bola mendekati jantung pertahanan lawan, namun juga memiliki seni tersendiri saat pemain mampu mengalahkan pemain bertahan. Apalagi, bila setelah itu bisa mengubah peluangnya menjadi sebuah gol yang indah. Dalam hal ini kontrol bola yang baik juga diperlukan, agar dapat mengatur tempo permainan yang baik dan dapat menghalau gerakan dari tim lawan.

Bagi pemain bola, ketiga gerakan di atas harus dimiliki dengan baik. Itulah mengapa pemain bola tidak boleh amlas dalam bergerak menyerang lawan. Untuk melatihnya, mereka harus terus bergerak dan mengasah kemampuan tanpa kenal lelah.(*)

Ayo Olahraga!

(Foto: Shutterstock)