LIGA MAHASISWA

Tentang Liga Mahasiswa

Liga Mahasiswa – Keolahragaan Nasional bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia. Program ini juga meningkatkan sportivitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketanahan nasional, serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa dengan prinsip demokrasi. Kementerian Pemuda dan Olahraga berharap olahraga di tanah air tidak diskriminatif dan menjungjung tinggi nilai keagamaan, nilai budaya, dan kemajemukan bangsa, keadilan sosial dan nilai kemanusiaan yang beradab bagi masyarakat.

Untuk mewujudkan itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Bidang Pembudayaan dan Olahraga memiliki program tentang kompetensi sepak bola mulai dari under 12 (u-12), under 14 (U-14), under 16 (U-16), Under 18 (U-18) ataumelalui Liga Santri Nusantara, dan under 20 (U-20). Ini merupakan salah satu bentuk dan komitmen yang tinggi dari pemerintah dalam mengembangkan sepak bola secara berjenjang dan berkesinambungan.

Harapan Kemenpora adalah muncul pemain-pemain sepak bola yang unggul dan bisa mengisi tim nasional dalam semua lapisan umur. Niscaya Indonesia menjadi negara yang memiliki potesi yang sangat besar dan mampu bersaing di kancah Asean, Asia bahkan dunia.

Liga Mahasiswa Indonesia Piala Menpora pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016. Di tahun kedua ini, Liga Mahasiswa Indonesia diharapkan memberi kontribusi pada persepakbolaan nasional. Usia di perguruan tinggi merupakan usia emas bagi seorang atlet dalam mencapai prestasi. Tahun ini, peserta dari Liga Mahasiswa adalah mereka-mereka hasil dari kompetisi U-12, U-14, U-16, dan U-18. Sehingga, atlet yang tampil pada U-20 benar-benar merupakan hasil proses yang panjang dan berkelanjutan.

Ayo Olahraga!