Potensi Atlet Muda Ambon Ikut Seleksi Timnas U-15 dan U-19

13 / 03 / 2017 Kategori: , ,

Liga Sepak Bola – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memang tengah gencar mencari bibit-bibit muda untuk dipersiapkan pada Piala AFF dari berbagai level, baik U-15 maupun U-19. Saat meninjau Stadion Mandala Remaja dan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Ambon, Maluku, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendorong atlet dari PPPLP untuk mengikuti seleksi tim nasional (timnas) sepak bola dari beberapa tingkatan​.

Menpora melihat para atlet dari PPLP memiliki kemampuan​ ​sehingga perlu diberikan kesempatan untuk menunjukan kemampuan terbaikn​ya​. Lebih lanjut, Imam juga mengatakan, tak hanya dari PPLP untuk ikut serta seleksi timnas​ tapi juga dari Liga Santri Nusantara. “Ini adalah salah satu bagian peran serta pemerintah dalam pembinaan usia muda,” tutur pria kelahiran Bangkalan Madura itu.

Pria yang biasa disapa Cak Imam ini, selama kunjungan dinasnya ke Ambon juga berkesempatan memantau langsung pelatihan sepak bola PPLP Maluku. Menpora juga sempat menulis sebuah pesan dalam kanvas yang berisi “PPLP sebagai Kawah Candradimuka Atlet Elit Nasional. Rawatlah, Jagalah, Latihlah, dan Promosikan Mereka sebagai Masa Depan Indonesia”.

Menpora mengatakan, PPLP saat ini memiliki peran besar dalam proses pembinaan atlet ​m​uda daerah. ​Dia ingin pemerintah daerah ikut berperan aktif memerhatikan perkembangan atlet dan fasilitas olahraga di wilayahnya. “Selama ini daerah masih banyak bertumpu pada pusat mengenai pembangunan infrastruktur dan pembinaan olahraga. Padahal daerah sebenarnya bisa melakukan pengembangan olahraga di daerah dengan menggandeng pihak swasta,” kata Menpora yang juga didampingi Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Teguh Raharjo.

​Menpora mengatakan, pemerintah saat ini tengah fokus memberitakan perhatian terhadap pembinaan-pembinaan atlet di daerah tidak hanya dari sepak bola melainkan cabang olahraga apapun. “Saya senang tadi melihat semangat anak-anak bermain bola, semangat mereka nantilah yang akan meneruskan tali estafet lahirnya atlet-atlet baru yang memiliki kontribusi untuk bangsa dan negara,” tuturnya.

Saat meninjau langsung pelatihan sepakbola PPLP itu, ada yang tidak bisa dilewatkan​ Menpora yakni ikut bermain sepak bola oleh anak-anak Ambon. Tantangan itupun diladeni ​M​enpora dengan semangat meski saat itu tidak memakai sepatu khusus untuk bermain sepak bola. Menpora telihat menikmati pertandingan bersama anak-anak usia 8- tahun itu. Sayangnya, tim yang dipimpin Menpora Imam Nahrawi harus tunduk dari tim lawan.

“Potensi pemain sepak bola di sini luar biasa. Tidak salah jika Maluku merupakan salah satu lumbung pemain sepak bola Indonesia. Harapan kami disini nantinya muncul tim besar dan bisa bersaing di pentas nasional maupun internasional,” ujar orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

​Di tempat yang sama, Asdep Pengelola Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Teguh Raharjo mengatakan, PPLP memang tengah berperan dalam proses seleksi untuk timnas dari berbagai level, khususnya U-15 dan U-19. “Saat ini 20 atlet PPLP mengikuti seleksi timnas U-19. Kami berharap mereka bisa bersaing dengan kandidat lain yang juga mengikuti seleksi,” tuturnya.

Ayo Olahraga!

(Foto: ​Kemenpora)