U14

Mengenal Liga Sepak Bola Pelajar U-14

Liga Sepak bola Pelajar (LSP) Usia di bawah 14 tahun atau U-14 Piala Menpora yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama para penggiat sepakbola menjadi program unggulan Kemenpora. Tujuan perhelatan itu untuk memantau pemain muda berbakat sekaligus sebagai pembentukan mental bertanding lewat pengalaman berkompetisi.

Para peserta yang ikut dalam perhelatan ini pun memiliki kualifikasi dan kualitas yang pantas untuk bertanding sekelas liga. Mereka berangkat dari para pemain Sekolah Sepak Bola (SSB), Akademi Sepakbola, Pelajar SMP/sederajat baik negeri maupun swasta.

Ajang ini sudah berjalan tiga tahun dan 2017 ini merupakan tahun ke-4 di mana hasil dari kompetisi akan diseleksi untuk menjadi Tim Nasional Pelajar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Setiap tahunnya, atlet yang lolos seleksi akan masuk ke dalam Timnas Pelajar Kemenpora yang disiapkan untuk bertanding pada event se-Asia. Tahun ini, Timnas akan dipersiapkan untuk event sepakbola U-14 di China.

Selama pelaksanaannya di lapangan mulai dari tahun 2014 lalu, animo masyarakat terhadap perhelatan LSP U-14 ini terus meningkat setiap tahun. Peningkatan animo baik masyarakat atau peserta yang mengikuti gelaran ini tak lepas dari kembalinya hubungan baik antara Kemenpora dengan PSSI. Tak dipungkiri, membaiknya hubungan antara Kemenpora dengan PSSI memberikan dampak besar pada peserta tahun 2017. Jika sebelumnya hanya 249 kabupaten/kota, peserta yang berpartisipasi datang dari 371 kabupaten/kota dari keseluruhan kabupaten/kota di Indonesia dengan jumlah total atlet usia dini sebanyak 72.270 orang.

Lebih jauh, perhelatan ini tak hanya sebagai sarana pemantau pemain muda berbakat dan pembentukan mental bertanding dari pengalamaan berkompetisi.Kompetisi ini juga menjadi sumber bank data pemain muda, baik untuk pusat maupun daerah.(*)