Menuju Finish Etape 5 di Rangkasbitung, Tim Gowes Lintasi Situs Banten Lama

31 / 07 / 2017 Kategori: , ,

Ayoolahraga.co.id – Akhirnya sampai sudah Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 di Kota Rangkasbitung sebagai Kota terakhir di hari ke 5 Etape 5 yang mereka tempuh dari Anyer -Kota Cilegon – Kota Serang – Pandeglang – Rangkasbitung sejauh 90 Km, Sabtu (29/7/2017).

Sedangkan total tempuh perjalanan yang mereka jalani di Etape 5 sejak dari Kota Palembang menuju Rangkasbitung sudah dilalui sejauh 632 Km. Rasa syukur dan bahagia mereka luapkan dengan suka cita atas selesainya perjalanan Etape lima ini dan siap meneruskan rangkaian touring di Etape 6 selanjutnya yakni Rangkasbitung – Tangerang Selatan – Pondok Indah – Jakarta tanggal 4-6 Agustus 2017 mendatang.

Rute yang ditempuh Tim Gowes saat di Kota Cilegon ke Rangkasbitung menggunakan jalur jalanlingkar Anyer – Cilegon sejauh 90 Km yang sempat diguyur hujan diawal perjalanan. Medan yang ditempuh selama menuju Rangkasbitung, pegowes menikmati jalan yang rolling (naik turun),namun ringan sehingga pegowes pun bersepeda tidak sekencang biasanya.

“Kami benar – benar ingin menikmati berlama – lama diatas sadel setelah perjalanan panjang yang sangat melelahkan menguji fisik dan mental kami,” ujar Ketua Pelaksana Tekhnis, Budi Yakin yang dengan penuh semangat juga ikut bersepeda di Etape 1, Etape 4 dan 5 dengan total jarak 2400 km-an.

Setelah mengakhiri perjalanannya di Rangkasbitung Sabtu, (29/7/2017), di Kabupaten Lebak Tim GTPN disambut Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang. Pemerintahan, Alkadri. M.Si dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga(Dispora) Kab. Lebak, Uus Sutisna, M.Pd dan Sekdispora, Drs. Hadi Nugraha. M.Pd. Asda 1 dalam sambutannya mengaku sangat terkesan dengan semangat juang Tim GTPN 2017 yang telah menyelesaikan touring ribuan kilometer dengan menggowes menyusuri nusantara di Etape 5 ini.

“Semoga semangat juang para atlit ini memberi semangat yang luar biasa kepada masyarakat Lebak untuk lebih memperkenalkan dan mencintai olahraga sepeda,” tutur Asda Alkadri bangga.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan GTPN 2017 ini selain mengajak masyarakat untuk rajin berolahraga juga untuk menjalin dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui pesona wisata yang mereka singgahi ditiap daerah seperti yang disampaikan oleh Agus Santoso Staf di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang mendampingi Tim GTPN dalam sambutannya.

Saat perjalanan dari Serang ke Pandeglang jalan yang dilalui pegowes mulai menanjak namun semua tetap penuh semangat bersepeda beriringan membentuk formasi 2 -2.
” Kami melewati situs bersejarah Banten Lama dan beberapa obyek wisata Kota Serang, ” kata Dian Anggraeni salah satu Atlit wanita muda yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur.

Kabupaten Lebak Banten sangat dikenal dengan destinasi wisata yang unik ; Perkampungan masyarakat etnis Baduy, dan Desa Sawarna yang memiliki aneka pantai, juga Bayah yang memiliki garis pantai indah yang panjang.

Selama perjalanan Tim GTPN melintasi potensi wisata Kerajaan Islam Banten di Kawasan Wisata Banten Lama. Jejak-jejak peninggalan kerajaan ini masih bisa dijumpai hingga sekarang yang merupakan kompleks situs peninggalan sejarah sisa-sisa kejayaan kesultanan Banten di masa lampau. Kompleks ini terletak di kecamatan Kasemen, Kota Serang. Di sana dijumpai Keraton Kaibon, Keraton Surosowan, Masjid Agung Banten, Benteng Spellwijk, Museum Kepurbakalaan Banten, Vihara Avalokitesvara dan Danau Tasikardi.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) Kemenpora yang sudah menjelajah ribuan kilometer sejak 13 Mei 2017 dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka menempuh 1.157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige Tobasa.
Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari Balige menuju Kota Padang dengan jarak tempuh 727 km.
Etape 3 – dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km dan Etape 4 – dari Kota Bengkulu menuju Kota Palembang dengan jarak tempuh 604 km.

Sekarang mereka sudah menyelesaikan titik akhir Etape 5 yang dimulai dari Kota Palembang dan berakhir di Rangkasbitung Kabupaten Lebak, dengan jarak tempuh sekitar 632 km dari Palembang, sehingga secara keseluruhan Tim sudah menempuh jarak sekitar 3.771 km dari Sabang KM 0. Kedatangan para pejuang dan duta olah raga di bumi Nusantara Indonesia telah berbagi cerita perjalanan, motivasi dan inspirasi untuk bersemangat berolahraga.

Tim GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera, ada yang datang dari kalangan Atlit muda, eks atlit, dan dari komunitas sepeda.

Tim didampingi Staf Kemenpora Agus Santoso, sejak dari Etape 1 yang mengawal Misi Perjalanan Tim GTPN.
Para riders atau pejuang dan duta olahraga yang tergabung dalam GTPN 2017 ini antara lain:
1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang
2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang
3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar
4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta
5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar
6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim
7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng
8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi
9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim
10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim
11. Agus Widodo, Kediri, Jatim
12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar
13. Yeppi Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan
14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar
15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta
Dan 16. Nurul Yakin Setyabudi yang juga Ketua Ketua Tim Pelaksana yang berasal dari Bekasi

Misi yang mereka jalankan selain berkampanye AYO Olah Raga, juga mengkampanyekan olahraga dan rekreasi bersepeda. Tim GTPN juga membawa misi mempererat kesatuan dan kecintaan pada Nusa Bangsa. Hal ini disimbolkan dengan membawa Air dan Tanah Nusantara dari wilayah yang dikunjungi dan dilewati selama touring dan nantinya akan di bawa ke Magelang di kumpulkan dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Ayo Olahraga!