Pertandingan Pencak Silat Ditentukan Dengan?

Artikel ini bertujuan untuk menjawab soal atau kuis yang berbunyi “Pertandingan pencak silat ditentukan dengan?”.

Dewasa ini pencak silat menjadi sebuah kompetisi olahraga nasional dan internasional, sehingga sudah menjadi hal dasar bagi kita untuk lebih mengetahui pemahaman tentang seni bela diri ini.

Perkembangan seni bela diri asli tanah air tersebut harus kita syukuri karena secara tidak langsung pencak silat juga telah membawa nama baik Indonesia di kancah dunia.

Apa Itu Pencak Silat?

Pencak silat secara bahasa terdiri dari 2 kata, yaitu Pencak yang berarti permainan atau keahlian untuk mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, mengelak dan lain sebagainya.

Lalu ada Silat yang berarti olahraga atau permainan dalam menyerang dan membela diri baik menggunakan senjata atau tanpa senjata.

Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang sudah ada sejak abad ke VII di era kerajaan Sriwijaya.

Awal mula gerakan silat muncul karena faktor persaingan alam dan juga pertarungan antar suku di kala itu.

Lalu seiring berjalannya waktu, pencak silat terus menyebar hingga ke Semenanjung Malaka dan pulau Jawa.

Hingga saat ini pencak silat terus eksis dengan adanya ratusan perguruan dan organisasi silat di Indonesia bahkan di luar negeri.

Fungsi Pencak Silat

Pencak silat diajarkan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Tentunya hal tersebut terjadi karena ada alasan logis yang mendasarinya, seperti fungsi dari pencak silat yang sangat baik bagi orang yang mempelajarinya.

Berikut fungsi dasar dari olahraga silat.

1. Bela Diri

Pastinya pencak silat berfungsi untuk membela dan mempertahankan diri para pesilat dari berbagai bentuk serangan lawan.

Bela diri ini tercermin melalui gerak lahir yang memanfaatkan anggota badan untuk melakukan elakan, pukulan, tendangan dan kuncian.

Para pesilat juga dilatih agar memiliki jiwa ksatria yang sesungguhnya.

Yaitu seperti pesilat hanya boleh menggunakan silat ketika dirinya terancam atau mendapat perlawanan terlebih dahulu.

2. Seni

Bukan hanya untuk bertarung, namun pencak silat juga mengandung unsur seni yang tergambar dari gerakan patah-patah dan terstruktur dari para pesilat.

Kemudian para pesilat merangkai setiap gerakan tersebut dengan sentuhan kreatifitas yang menjadikannya sangat indah untuk dilihat.

Oleh karena itu, dalam pertandingan di lingkup nasional atau internasional terdapat kelas seni tunggal atau beregu dalam olahraga pencak silat.

3. Pendidikan

Secara tidak langsung, pencak silat juga cukup efektif untuk mendidik jasmani maupun rohani dari para orang yang menggelutinya.

Pendidikan jasmani berbentuk olahraga tercermin dari penggunaan setiap anggota badan dalam melakukan teknik yang ada di pencak silat.

Maka seni bela diri ini sangat baik untuk menjaga kebugaran, daya tahan, kekuatan, dan kesehatan tubuh.

Sedangkan pendidikan rohani akan muncul secara otomatis ke dalam diri para pesilat dari latihan yang terstruktur sehingga membentuk mental yang kuat.

Baca Juga:

Pencak Silat Cimande | Sejarah, Tujuan dan Ajarannya

Terlebih lagi di setiap perguruan silat juga terdapat penanaman pendidikan rohani yang mengajarkan untuk mengenal diri sendiri dan sang pencipta.

Pertandingan Pencak Silat

Pertandingan pencak silat ditentukan dengan babak

Karena pada setiap babaknya sangat menentukan siapa pemenang dari pertandingan tersebut.

Setiap pertandingan pencak silat terdiri dari 3 babak, setiap babak tersebut berlangsung selama 2 menit untuk bertarung dan 1 menit untuk istirahat di sela-sela babak pertandingan.

Peraturan dalam pertandingan silat yaitu setiap pemain boleh menyerang setiap bagian tubuh lawan kecuali bagian kelamin dan leher ke atas (kepala).

Selain itu, tidak boleh asal serang, karena pemain harus melakukan serangan secara berpola. Setiap pertandingan harus imbang dengan kata lain harus sesuai golongan umur yang sama.

Kategori umur dalam pertandingan pencak silat terbagi menjadi 3, yaitu kategori pra remaja, remaja dan dewasa.

Semua kategori tersebut juga memiliki kriteria berat badan masing-masing.

Pemain yang melakukan pelanggaran sebanyak 3 kali secara otomatis akan didiskualifikasi dan tidak boleh melanjutkan pertandingan.

Nah, dari berbagai penjelasan tersebut bisa kita simpulkan jika pertandingan pencak silat ditentukan dengan babak yang ada. Karena dari setiap babak tersebut, penilaian baru bisa dilakukan oleh seorang wasit dan juri.

Tinggalkan komentar